Tips-tips Menikmati Kopi

tips menikmati kopi

Awam dan Pecandu Kopi

Bagi kebanyakan orang, menikmati kopi adalah hal yang biasa. Jadi tanpa harus bersusah payah, bagi mereka minum kopi itu sendiri saja sudah merupakan kenikmatan tersendiri. Tanpa harus menyeduh dengan cara terbaik atau dengan menggunakan biji kopi pilihan terbaik, menikmati kopi adalah suatu kenikmatan yang luar biasa. Ini sangat berbeda dengan orang yang tidak pernah menikmati kopi atau awam kopi. Mimum kopi sedikit saja mungkin terasa pahit bukannya nikmat.
Jika anda termasuk kedalam golongan awam terhadap kopi, bisa dipastikan bahwa menikmati kopi sama sekali tidak akan terasa nikmatnya mengingat hanya rasa pahit yang dapat anda rasakan. Padahal kopi tidaklah melulu berasa pahit. Bahkan pada kopi luwak ada aroma-aroma menggoda yang seharunya bisa menjadi stimulan bagi para awam kopi untuk tergerak mencicipi kopi. Pakar kopi menyatakan ada beberapa kosakata yang dapat dijadikan sebagai ungkapan untuk mendeskripsikan aroma kopi yang selama ini ada. Kosakata tersebut antara lain apel, madu, aprikot, pohon berbunga dan lain-lain yang mendeskripsikan aroma kopi dalam golongan enzimatik. Selain itu para ahli juga sering menggunakan istilah walnut, cengkih, coklat, vanila, kacang panggang dan banyak lagi lainnya. Dan untuk kopi luwak khas Indonesia pakar kopi mendeskripsikannya sebagai kopi spektakuler yang pernah ditemuinya.

Tips Menikmati Kopi

Beberapa tips menarik yang direkomendasikan oleh para ahli kopi dalam menikmati kopi, terutama bagi awam kopi antara lain:

  1. Buang buih coklat muda yang selalu dihasilkan dari setiap seduhan kopi menggunaka air panas. Menurut ahli kopi, buih coklat muda yang dihasilkan itu mengandung rasa asam yang tidak enak dirasakan. Sehingga buih coklat muda tersebut harus kita buang untuk dapat menikmati rasa terbaik dari kopi yang kita seduh.
  2. Gunakan juga indera penciuman anda. Minum kopi tidak melulu harus menggunakan lidah kita sebagai perasa melainkan kta juga perlu melibatkan indera penciuman kita. Hal ini untuk mengakomodir beberapa aroma yang keluar saat lidah kita mencicipi rasa kopi. Jika kopi pertama anda adalah kopi luwak, maka hirup aroma kopi yang khas dari kopi luwak dan nikmati sensasi yang anda rasakan ketika meminumnya.
  3. Minum kopi pada cangkir dengan menimbulkan bunyi sluurrp. Kebanyakan para ahli kopi meminta, jika ingin merasakan kopi maka gunakan cara meminumnya seperti itu. Karena minum kopi dengan cara seperti itu dapat mengidentifikasi rasanya dari mulai asamnya, manisnya dan pahitnya yang dihasilkan kopi.
  4. Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa kopi memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Dan itu hanya bisa dilakukan jika kopi dinikmati dengan tidak berlebihan. Cukup konsumsi kopi 2-3 cangkir sehari dan dapatkan banyak keuntungan dari kopi. Hindari ketagihan kopi karena jika kopi dikonsumsi berlebihan akan memperburuk kesehatan kita.
  5. Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam meracik kopi. Biasanya racikan antara pemula dengan pecandu kopi sangatlah berbeda. Jika kita jarang atau bahkan tidak pernah minum kopi, pastikan saja racikan kopi kita ditambahkan dengan bahan tambahan tertentu yang akan mengurangi rasa pahit dan aroma kopi yang terlalu menusuk hidung. Dengan demikian kesan pertama kita terhadap kopi tidaklah terlalu buruk. Peluang kita menikmatinya lagi sangat besar.
Sumber gambar: www.keepcalm-o-matic.co.uk